Air Terjun Blang Kolam, Aceh



Air terjun Blang Kolam menjadi daya tarik tersendiri karena air terjun ini cukup tinggi, yakni kurang lebih 75 meter tingginya. Selain kesegaran udara dan air yang mampu ditawarkan oleh air terjun ini, pemandangan hijau membentang di area sekitar air terjun ini. Sehingga ketika Anda berkunjung ke air terjun Blang Kola mini, Anda tidak akan jenuh karena beragam pemandangan indah akan dapat Anda nikmati. Untuk lebih spesifik, Wisata Holik akan membahas beberapa hal yang akan Anda butuhkan ketika Anda hendak menghabiskan waktu menikmati keindahan air terjun Blang Kolam. Beberapa hal ini diharapkan mampu membantu Anda yang belum pernah mengunjungi Lhokseumawe, atau air terjun Blang Kolam.



Lokasi dan Akses menuju Air Terjun Blang Kolam

Air terjun Blang Kolam terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Kota Lhokseumawe, Aceh Utara. Jika Anda berada di pusat kota Lhokseumawe, maka Anda dapat menuju Desa Sidomulyo via Cunda. Anda dapat menggunakan beberapa transportasi alternatif, seperti taksi, bus, labi-labi atau becak motor. Biaya yang perlu Anda bayarkan apabila menggunakan jasa transportasi adalah berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 50.000.
Namun, jika Anda berada di Banda Aceh dan ingin berkunjung ke Lhokseumawe, maka Anda dapat menggunakan pesawat atau bus menuju Lhokseumawe. Apabila Anda menggunakan pesawat, Anda akan sampai di Bandara Malikus Saleh, Lhokseumawe. Waktu tempuh menggunakan pesawat adalah sekitar 3 jam. Tarif harga tiket pesawat menuju Lhokseumawe adalah sekitar Rp 250.000-Rp 1.000.000. Selain menggunakan pesawat, Anda dapat menggunakan moda transportasi lain, seperti bus. Ada beberapa bus yang memiliki trayek Banda Aceh-Lhokseumawe dengan waktu keberangkatan yang berbeda-beda. Waktu yang diperlukan untuk sampai ke Lhokseumawe menggunakan bus adalah sekitar 5 jam. Sedangkan harga tiket bus berkisar Rp 50.000-Rp 100.000. Atau Anda juga dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan arah menuju Desa Sidomulyo via Cunda.
Pada perjalanan dari pusat kota Lhokseumawe menuju Desa Sidomulyo, Anda akan dapat menyaksikan kehidupan masyarakat Lhokseumawe, mulai dari aktivitas warga, rumah-rumah penduduk, tempat ibadah dan destinasi wisata lain yang ada di sekitar pusat kota. Setelah menyusuri kota, perlahan-lahan perjalanan Anda akan memasuki daerah pedesaan. Karena seperti pada umumnya, lokasi air terjun terletak di dalam hutan rindang, maka hal tersebut juga berlaku bagi air terjun Blang Kolam. Namun, bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir akan tersasar karena petunjuk jalan untuk sampai di air terjun Blang Kolam sudah cukup jelas. Selain via Cunda, Anda juga dapat menempuh perjalanan melalui Krueng Geukuh yang sama-sama menuju air terjun Blang Kolam. 
Memasuki Desa Sidomulyo, Anda akan dengan mudah menemukan lokasi wisata Blang Kolam. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, Anda akan dikenakan biaya parkir kendaraan, Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Dari lokasi parkir ini, Anda akan menapaki jalan setapak untuk sampai ke air terjun Blang Kolam. Namun, anda tidak akan menapaki jalan dengan alas tanah liat, melainkan akses menuju air terjun adalah menggunakan anak tangga. Cukup banyak memang jumlah anak tangga yang harus Anda pijaki untuk sampai ke air terjun, namun perjalanan Anda akan tetap mengesankan karena Anda akan menghirup udara segar khas hutan yang tak terjamah. Selain itu, Anda dapat menikmati pemandangan hijau khas hutan di sisi kiri dan kanan Anda. Namun, ada hal yang tetap Anda perhatikan, salah satunya adalah anak tangga menuju air terjun Blang Kolam sudah cukup lama, maka Anda perlu berhati-hati ketika menuruninya, terlebih jika kondisi setelah hujan. 


Fasilitas Wisata di Air Terjun Blang Kolam 

Air terjun yang mulanya kurang diperhatikan ini, pada dewasa ini telah diperhatikan fasilitasnya oleh pemerintah. Beberapa fasilitas yang dibutuhkan oleh wisatawan perlahan-lahan mulai difasilitasi, beberapa fasilitas yang ada di air terjun ini, seperti adanya beberapa warung kecil yang menjajakkan makanan kecil dan minuman soft drink, ada pula toilet dan mushola. Berbagai fasilitas ini tentu saja akan memudahkan wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini. Sehingga ketika Anda hendak berkunjung ke air terjun ini, Anda tidak perlu membawa banyak barang karena untuk menuju lokasi air terjun ini Anda membutuhkan banyak tenaga untuk menyusuri ratusan anak tangga dan jalan setapak. Maka, disarankan agar Anda membawa sedikit keperluan anda, karena fasilitas umum yang Anda perlukan sudah tersedia. 
Namun, jika Anda hendak berkemah di dekat air terjun ini, Anda perlu membawa perlengkapan sendiri karena belum terdapat penyewaan peralatan kemah di sekitar air terjun ini. 



Tips Kunjungan Wisata di Air Terjun Blang Kolam
  1. Perhatikan kondisi cuaca ketika Anda hendak mengunjungi air terjun Blang Kolam, karena jalan  setapak dan tangga menuju lokasi ini cukup licin, sehingga Anda perlu memperhatikan medan  yang Anda tempuh, alas kaki yang anda gunakan. 
  2. Pastikan Anda tidak membawa terlalu banyak barang menuju air terjun ini, karena Anda akan memerlukan banyak energi untuk menyusuri anak tangga menuju ke lokasi air terjun. Pastikan Anda membawa beberapa barang yang diperlukan saja.
  3. Anda perlu memperhatikan keamanan posisi Anda di area air terjun Blang Kolam, apabila Anda hendak bermain-main di area tersebut.
  4. Perhatikan kondisi dasar air apabila hendak berenang, untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan ketika Anda berenang. Karena tidak jarang akan ditemukan batuan-batuan tajam yang dapat mencederai Anda.
  5. Jika anda hendak berfoto di area ini, perhatikan pijakan Anda agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan terjadi pada Anda atau peralatan yang Anda gunakan.
  6. Berwaspadalah dengan hewan yang berada di daerah lembab, seperti lintah. Walaupun Anda tengah keindahan air terjun Blang Kolam, namun anda perlu memperhatikan keamanan Anda.
  7. Tetaplah menjaga aturan adat yang dianut masyarakat sekitar, sebagai bentuk penghormatan Anda terhadap aturan masyarakat sekitar.
  8. Bagi anda yang masih ingin menikmati destinasi wisata lain yang ada di Lhokseumawe atau di wilayah sekitar Aceh Utara, maka Anda perlu mencari penginapan atau hotel yang ada di Lhokseumawe karena di area air terjun Blang Kolam belum tedapat penginapan. Beberapa hotel yang ada di Lhokseumawe, seperti Winton Hotel Lhokseumawe, female hotel Lhokseumawe, dan masih banyak lagi. 
Air Terjun Blang Kolam, Aceh Air Terjun Blang Kolam, Aceh Reviewed by sandro on Saturday, April 20, 2019 Rating: 5

No comments

Terima kasih sudah berkomentar.
Thank you for your comment.

Video

Raja Ampat-Indonesia