Air Terjun Suhom, Aceh Besar



Kabupaten Aceh Besar memang dikenal memiliki tempat wisata pantai yang memiliki pesona tersendiri. Berderet puluhan pantai eksotis, yang selalu menjadi tujuan wisatawan lokal maupun luar negeri. Namun nyatanya, daerah tersebut juga memiliki air terjun dengan panorama alam yang cukup menawan. Tempat tersebut adalah Air Terjun Suhom yang menjadi favorit destinasi wisata keluarga.

Air Terjun Suhom menawarkan pesona alam asri, alami serta kondisi udara yang masih belum tercemar oleh polusi. Wisatawan juga bisa menikmati segarnya gemericik air yang berasal dari mata air pegunungan. Tak jarang, ketika musim liburan tempat ini selalu ramai diserbu oleh ratusan wisatawan lokal.

Lokasi air terjun, tepatnya berada pada Desa Kreung Kala, Kec. Lhoong, Kab. Aceh Besar, Provinsi Aceh. Untuk mencapai lokasi dari Air Terjun Suhom wisatawan setidaknya harus menempuh jarak kurang lebih 75 kilometer atau melakukan perjalanan sekitar satu jam lebih dari Banda Aceh. Meskipun lokasinya yang jauh dari ibukota, tempat ini sangat layak untuk dikunjungi ketika berada di Aceh.


Pesona Air Terjun Suhom

Lokasi dari Air Terjun Suhom memang tersembunyi dibalik pegunungan sehingga cukup sulit untuk ditemukan bagi wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke tempat wisata ini. Namun wisatawan bisa bertanya kepada masyarakat setempat atau memanfaatkan bantuan gps. Ketika sudah dekat dengan lokasi, memang jalan menuju ke air terjun cukup sempit dan hanya bisa dilalui oleh satu mobil saja.
Dari jarak 100 meter, wisatawan sudah bisa mendengar sayup-sayup suara gemericik air terjun yang jatuh mengenai bebatuan. Rasa lelah dari perjalanan panjang, seketika akan terasa sirna kala melihat air terjun dengan ketinggian kurang lebih 50 meter didepan mata. Air terjun ini juga dikelilingi oleh tebing-tebing perbukitan yang ditumbuhi pepohonan hijau sehingga menciptakan suasana asri dan alami.
Air Terjun Suhom memiliki tiga tingkatan, dengan keindahan yang berbeda. Disekeliling air terjun juga dipenuhi bebatuan besar, yang bisa digunakan wisatawan untuk duduk-duduk santai sambil menikmati percikan air terjun yang segar. Pada air terjun ini terdapat sebuah kolam yang berada di bawah air terjun.
Kolam tersebut memiliki kedalaman sekitar 2 meter dan lebar 5 meter sehingga tak disarankan untuk anak kecil berenang di kolam ini. Kebanyakan hanya orang dewasa yang berenang dikolam tersebut atau menikmati air yang jatuh membahasi seluruh tubuh. Sensasinya sungguh luar biasa, wisatawan akan merasakan pengalaman refleksi alami ketika berada di bawah air terjun ini.
Khusus bagi anak-anak, bisa bermain air dan berenang pada sungai yang menjadi terusan air terjun. Sungai ini cukup dangkal, sehingga aman bagi anak-anak untuk berenang. Walaupun demikian, orang tua tetap harus menjaga anak-anaknya untuk menghindari suatu hal yang tidak diinginkan.
Selain menjadi tempat wisata, Air Terjun Suhom juga merupakan sumber energi listrik bagi desa setempat. Telah dibangun Pembangkit Listrik berbasis mikrohidro yang berada didekat lokasi air terjun. Pada bulan-bulan tertentu, wisatawan juga bisa menikmati buah durian karena disekitar air terjun ini juga dikelilingi pohon durian. Akan banyak ditemui penjual durian, yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh ketika pulang.


Fasilitas Air Terjun Suhom

Fasilitas yang terdapat pada Air Terjun Suhom terbilang cukup minim. Hal ini dikarenakan pengelolaan tempat wisata yang terletak di Aceh Besar ini masih dilakukan secara swadaya oleh masyarakat setempat. Selain itu, pemerintah setempat juga mengatakan keterbatasan anggaran karena terdapat sebuah kebijakan untuk lebih mengedepankan wisata bahari.
Di air terjun sudah tersedia lahan parkir yang cukup luas, sehingga bagi wisatawan yang membawa mobil tak perlu khawatir. Terdapat pula kamar mandi, serta tempat ganti pakaian untuk wisatawan yang ingin bersih-bersih setelah berenang di kolam air terjun. Bagi wisatawan muslim yang ingin beribadah, terdapat masjid dan mushola yang letaknya tak jauh dari lokasi air terjun.
Fasilitas keamanan yang ada pada air terjun juga masih belum tersedia. Tak ada pagar pembatas, sehingga dapat membahayakan wisatawan karena kondisi bebatuan sekitar yang licin. Wisatawan bisa menyewa tikar di sekitar obyek wisata, jika ingin bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar Air Terjun Suhom. Tersedia pula persewaan ban, bagi wisatawan yang tak mahir berenang.
Disekitar lokasi air terjun, juga terdapat warung-warung sederhana yang menawarkan berbagai makanan. Wisatawan bisa menikmati berbagai kuliner khas Aceh, usai lelah berenang dikolam air terjun. Selain itu juga terdapat warung yang menyediakan mie instan, serta kopi hangat. Air Terjun Suhom dapat menjadi alternatif wisata keluarga yang murah meriah, berikut aktivitas-aktivitas yang bisa dilakukan ketika berada di air terjun.

Berenang dan Bermain Air

Ketika kamu berkunjung ke Air Terjun Suhom, maka berenang atau bermain air menjadi suatu kewajiban yang harus kamu lakukan. Air terjun ini memiliki kolam dengan kedalaman sekitar 2 meter yang berada didasar air terjun. Dengan kondisi air yang jernih dan segar, kamu bisa merasakan sensasi berenang di kolam alami ditemani gemericik air terjun yang jatuh di bebatuan.
Selain itu, kamu juga bisa berdiri tepat dibawah air yang jatuh untuk merasakan sensasi refleksi alami. Ketika air jatuh membasahi tubuh, air segar yang berasal dari sumber alami pegunungan ini menawarkan sensasi tersendiri yang bisa menghilangkan rasa lelah. Namun, tetap berhati-hatilah karena kondisi bebatuan disekitar air terjun yang cukup licin.

Bersantai Menikmati Alam

Jika kamu tak ingin berbasah-basahan, kamu juga bisa sekedar bersantai dengan menyewa tikar sembari menikmati alam yang masih asri dan alami. Air Terjun Suhom memang dikeliling tebing-tebing yang dipenuhi tumbuhan hijau. Selain menyegarkan mata, udara di tempat ini juga bagus karena belum tercemar polusi.
Bagi kamu yang suka ngopi, di tempat ini juga terdapat warung yang menawarkan kopi khas aceh yang terkenal akan kenikmatakannya. Menikmati secangkir kopi hangat, di suasana alam yang masih segar dan alami tentu merupakan pengalaman tersendiri yang patut kamu coba. Kopi juga bisa menjadi penghangat tubuh, usai berenang dan basah-basahan di air terjun.

Hunting Foto dan Berburu Durian

Pesona Air Terjun Suhom yang masih alami serta indah, menjadikan banyak wisatawan yang berkunjung untuk sekedar bernarsis ria didepan kamera. Tak hanya itu, banyak juga fotografer yang rela menempuh jarak cukup jauh untuk mencari objek-objek yang indah.
Pada musim tertentu, banyak ditemukan pedagang yang menawarkan buah durian disekitar air terjun. Tempat wisata ini memang dikelilingi pohon durian, sehingga tak aneh jika musim panen akan dengan mudah ditemui pedagang dadakan yang menjajakan durian. Durian disini terkenal dengan rasanya yang khas, bagi kamu pecinta durian wajib untuk mencoba lezatnya si raja buah ini ketika berkunjung ke Aceh.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Suhom

Untuk memasuki tempat wisata Air Terjun Suhom, wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5.000 per orang. Tiket tersebut sudah termasuk biaya parkir untuk kendaraan.

Tips Berwisata di Air Terjun Suhom

  • Bawalah pakaian ganti, jika kamu ingin berenang dan bermain air.
  • Datanglah antara bulan Desember atau Januari jika ingin menikmati buah durian di air terjun.
  • Selalu berhati-hati karena disekitar air terjun dipenuhi bebatuan yang licin.
  • Jika membawa anak-anak, selalu pantau dan awasi mereka.
  • Jaga kebersihan Air Terjun Suhom, dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Jangan merusak apapun yang ada disekitar air terjun.
  • Jangan nekat menaiki tingkat kedua air terjun, karena berbahaya.
Air Terjun Suhom, Aceh Besar Air Terjun Suhom, Aceh Besar Reviewed by sandro on Sunday, April 21, 2019 Rating: 5

No comments

Terima kasih sudah berkomentar.
Thank you for your comment.

Video

Raja Ampat-Indonesia