Museum Tsunami Aceh



Museum Tsunami Aceh adalah sebuah mahakarya untuk mengenang tragedi tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 Museum rancangan Ridwan Kamil ini telah sukses menjadi icon wisata Aceh yang menarik untuk dikunjungi.

Aceh Tsunami Museum, atau Museum Tsunami Aceh adalah tempat reflektif untuk mengenang tragedi bencana alam tsunami yang terjadi 14 tahun silam. Bencana terhebat yang pernah terjadi di abad 21 ini menyisakan kepingan-kepingan memori kepiluan yang mendalam bagi masyarakat Aceh dan turut mengundang simpatisan negara-negara dari berbagai belahan dunia. This is the greatest museum who can touch every soul when you get in. Bagaimana tidak, museum empat lantai dengan desain seperti cruise ship ini per lantainya mengisahkan tahapan-tahapan bencana tsunami, dibarengi dengan edukasi mengenai bencana alam dari badan geologi.



Museum ini gratis, alias tidak membayar seperserpun untuk tiket masuknya. Anda hanya harus berlaku tertib selama di museum dan mengisi buku tamu. Selanjutnya? Tanyakan kepada kaki dan hati ingin melangkah kemana. Saya sarankan anda harus memulai melenggangkan tubuh ke lorong tsunami. Sebuah lorong dengan panjang 30 meter disertai efek percikan waterfall dan riuhan kepanikan korban tsunami ini mampu membawa anda ke suasana├é  24 desember 2004 tepat saat tsunami terjadi. Kegelapan serta medan turunan saat memasuki lorong , memang dibuat untuk menggambarkan kebingungan masyarakat Aceh sewaktu tsunami melanda. Saran untuk anda yang memiliki trauma maupun takut akan kegelapan, dipersilahkan untuk langsung naik ke lantai dua. Jangan lupa persiapkan topi untuk menghindari percikan air serta peganglah handrail untuk memudahkan langkah kaki di lorong ini.



Setelah melewati lorong tsunami, anda akan diperlihatkan puluhan standing screen yang berjajar memanggung memperlihatkan slide demi slide foto saat dan pasca tsunami terjadi. Foto-foto yang diperlihatkan lengkap dengan lokasi foto tersebut diambil. Pencahayaan yang remang-remang serta kaca lebar di kanan kiri adalah efek dimana anda bisa dengan baik meresapi setiap slide yang ditampilkan.

Kini, traveler yang berkunjung ke Museum Tsunami Aceh akan dikenakan biaya masuk. Tarifnya bervariasi mulai Rp 2 ribu hingga Rp 10 ribu.

Pengutipan retribusi masuk ke Museum Tsunami Aceh diatur dalam Qanun Aceh Nomor 2 Tahun 2016. Dalam aturan tersebut disebutkan, tarif masuk yaitu Rp 2 ribu/orang untuk anak-anak, pelajar dan mahasiswa. Sedangkan orang dewasa dikenakan biaya Rp 3 ribu/orang dan turis asing Rp 10 ribu/orang. 
Museum Tsunami Aceh Museum Tsunami Aceh Reviewed by sandro on Wednesday, April 17, 2019 Rating: 5

No comments

Terima kasih sudah berkomentar.
Thank you for your comment.

Video

Raja Ampat-Indonesia