Taman Nasional Komodo - Harga tiket masuk Pulau Komodo 2019

 taman nasional komodo

Taman Nasional Komodo adalah tempat reservasi alam yang digunakan untuk melindungi komodo, satwa purba yang sangat eksotis di Indonesia. Tak hanya itu, di Taman Nasional Komodo ini memiliki panorama yang super indah. Wajar jika sekarang tempat ini mulai banyak di lirik oleh wisatawan domestik dan mancanegara.


Awalnya, Taman nasional komodo ditujukan hanya untuk melindungi komodo saja. Tapi seiring dengan waktu dikembangkan lebih luas lagi. Sekarang tempat reservasi alam ini melindungi berbagai satwa dan juga lingkungan alam lainnya, sekaligus menjadi tempat wisata yang direkomendasikan.




Lokasi Taman Nasional Komodo

Taman nasional komodo terletak di antara 2 pulau yaitu Sumbawa dan Flores. Berada di perbatasan anatara provinsi Nusa Tenggara Timur dengan Nusa Tenggara Barat.

Awalnya kita mungkin akan berpikir kalau taman nasional ini hanya ada di pulau komodo. Tapi ternyata tidak. Area yang masuk dalam reservasi alam ini luas banget lho. Luasnya diperkirakan hampir 2321 KM persegi.

Tak hanya pulau Komodo saja, pulau Rinca dan pulau Padar juga termasuk ke dalam area konservasi alam ini. Untuk menuju ke kawasan taman nasional komodo ini, anda harus menuju ke Labuan Bajo di Flores, atau ke Bima di Sumbawa. Dari situ baru menuju ke kawasan taman nasional.




Sejarah Pulau Komodo


Komodo atau dikenal juga dengan nama lain Komodo Dragon, mulai dikenal luas di kalangan biologist dunia pada tahun 1911 setelah ada laporan dari JKH Van Steyn kepada Peter Ouwens, kurator museum zoologi bogor pada saat itu.

Secara resmi, Taman nasional komodo sendiri didirikan pada tahun 1980. Karena keunikannya dari taman nasional komodo maka mulai dari tahun 1986 kawasan ini juga menjadi salah satu World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve yang ditetapkan oleh UNESCO.



Menjadi 7 Keajaiban Dunia

Kawasan Komodo National Park di nobatkan menjadi kandidat 7 keajaiban alam dunia terbaru, dan akhirnya diresmikan menjadi salah satu dari 7 keajaiban alam dunia terbaru pada 13 September 2013

Banyak di antara kita yang sekarang sudah tahu akan hal ini. Ternyata salah satu dari 7 keajaiban alam dunia sekarang ada di Indonesia! Keren bukan?



Wisata Taman Nasional Komodo

Kita bisa datang untuk menikmati tempat wisata taman nasional Komodo. Selain konservasi alam, kawasan ini juga menawarkan pengalaman liburan yang unik. Terletak di sabuk wallacea, kita bisa menemukan gabungan yang unik dari flora dan fauna yang khas.

Di kalangan para diver sendiri, perairan sekitar pulau komodo, Padar dan Rinca terkenal karena memiliki spot menyelam yang indah. Lebih dari 1000 spesies ikan, 260 lebih spesies karang, lumba-lumba, paus, dan juga penyu yang ada di kawasan konservasi komodo ini.

Menyelam, melihat dan mempelajari kehidupan komodo, dan juga menikmati landscape yang unik dan indah adalah beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan di Taman Nasional Komodo.


 


Pulau Komodo

Pulau komodo adalah pulau yang utama dan terbesar yang ada di kawasan taman nasional komodo. Di pulau komodo anda bisa datang ke Loh Liang yang merupakan salah satu daerah wisata utama di pulau Komodo.

Di Pulau Komodo Kita bisa melakukan pengamatan kehidupan liar komodo dan juga satwa lainnya seperti rusa, babi hutan, dan berbagai jenis burung. Selain itu, bisa juga melakukan snorkeling, hiking disekitar kawasan, dan lain sebagainya.


pantai pink pulau komodo

Pantai pink juga merupakan spot yang banyak dikunjungi wisatawan. Pantai unik ini berwarna pink, karena banyaknya terumbu karang berwarna sama. Karena ombak, sebagian terumbu karang tergerus air dan tercampur dengan pasir pantai. Hasilnya, pantai unik dan indah yang berwana pink.

Di sekitar Loh Liang adnda akan menemukan pondok wisata, tempat makan dan souvenir, pusat informasi, dan lain sebagainya.


 


Pulau Rinca

 

Pulau Rinca biasanya jadi tujuan wisatawan. Karena pulaunya yang lebih kecil, pengunjung bisa dengan cepat melihat Komodo. Tujuan utama dan gerbang wisata di pulau Rinca berada di di Loh Buaya.

Sama seperti tempat lainnya, landscape pulau Rinca juga ngga kalah indahnya lho.


Terkadang kedatangan kita di dermaga Pulau Rinca disambut dengan pemandangan beberapa komodo liar. Tidak jauh dari dermaga anda aan menemukan pos jaga dan konservasi. Kita juga bisa membeli tiket masuk disini, dan trekking menyusuri kawasan dengan dipandu oleh ranger/pawang komodo yang sudah berpengalaman.

BACA JUGA :  Pendakian Gunung Rinjani di Lombok

Panduan & Tips Saat Mengunjungi Pulau Komodo

Jika memutuskan untuk berlibur ke Pulau Komodo maka ada baiknya untuk membaca beberapa panduan dan tips yang kami rangkum untuk anda yang bisa menjadi referensi dan masukan agar liburan anda saat berada di pulau komodo dan rinca bisa berjalan dengan aman dan menyenangkan.


1. Perhatikan dan Turuti Instruksi Dari Ranger !
Ranger adalah penjaga hutan dan Taman nasional komodo, mereka juga berfungsi sebagai pemandu wisata bagi para turis yang berkunjung. Pada prinsipnya mereka sudah paham betul dengan prilaku dan tingkah komodo serta bagaimana cara aman agar bisa berdiri dari jarak dekat dengan komodo ini.

Jika anda akan berwisata ke Taman Nasional Komodo atau Pulau Rinca, maka anda akan diajak untuk melakukan Trekking guna melihat dari dekat kehidupan liar komodo ! Biasanya sebelum trekking dimulai, Para Ranger akan memberikan instruksi serta arahan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat trekking berlangsung.

Anda harus memperhatikan dan dengar dengan baik setiap instruksi dan arahan dari ranger ini ! Ini berguna untuk keselamatan anda sendiri ! sekali lagi !! tolong perhatikan dengan seksama dan jika ada pertanyaan jangan ragu untuk bertanya sebelum anda mulai trekking.




2. Selalu Berjalan di Belakang Ranger 

Pulau Komodo -Ranger

Setelah mendengarkan arahan dan instruksi ranger sebelum trekking, ada baiknya anda berjalan di belakang ranger saat melakukan short, meduim ataupun long trekking !

Jangan pernah berpikir ataupun bertindak konyol dengan jalan mendahului Ranger ! hal ini sangat-sangat berbahaya, meskipun anda sudah pernah atau sering berkunjung ke Taman Nasional Komodo.

Selain anda tidak paham mengenai track dan medannya, di Pulau Komodo ini tersebar sekitar 5.000 ekor komodo ! perlu digaris bawahi Air Liur Komodo menyimpan ribuan bakteri mematikan dan sangat berbahaya jika anda sampai digigit oleh komodo.

Jadi bersikap normal saja dan selalu berada di belakang ranger anda.





3. Jangan Membuat Gerakan Tiba-tiba Ataupun Berteriak .
Pulau Komodo

Biasanya saat kita melakukan trekking di Taman Nasional Komodo kita akan bertemu dengan komodo yang sedang berjalan kearah kita, maka ikuti saja instruksi dan arahan yang diberikan oleh Ranger ! Jangan pernah terpikir untuk membuat gerakan secara tiba-tiba ataupun berteriak histeris karena takut karena melihat komodo !

Gerakan tiba-tiba yang dimaksud adalah loncat atau menghindar medadak, padahal komodo masih jauh ! karena komodo akan menganggap anda adalah mangsa yang patut untuk di buru.

Bersikaplah normal dan selalu berada dibelakang ranger anda !





4. Jangan Berlari ataupun Melambaikan Benda Apapun !

Ketika bertemu atau melihat Komodo jangan terpikir untuk berlari terbirit birit atau ketakutan ! karena bisa dipastikan anda akan dikejar oleh Komodo ! Jangan salah, Komodo berlari sangat kencang saat mengejar mangsanya.

Berusaha tetap tenang dan santai saja saat anda berada dekat dengan komodo !

Di sana, Anda juga dilarang melampaikan benda apapun, seperti topi, syal, dan kain.

Bahkan jika anda mengenakan Jilbab, ada baiknya kain sisa jilbab anda yang berada di dada dan belakang di jepit dengan jarum atau peniti agar tidak melambai saat tertiup angin

Karena komodo melihat itu sebagai daging yang diayunkan. Ia pun akan berlari cepat menghampiri Anda.





5. Hindari Berkunjung Saat Menstruasi (Siklus Bulanan Perempuan)

Untuk traveller wanita ada baiknya untuk menghindari berkunjung ke Taman Nasional Komodo saat tengah datang bulan atau saat menstruasi. Hal ini dikarenakan Komodo ini sangat sensitif dalam mencium bau darah ! Konon binatang purba ini bisa mengendus bau darah dari jarak 5 Kilometer !!!! woowww

Hal ini sedikit beresiko jika anda bertemu dengan komodo saat melakukan trekking, pasalnya komodo akan bertindak aktif.

Namun bukan berarti anda tidak boleh sama sekali berkunjung ! jika anda tetap ingin berkunjung ke Pulau Komodo, ada baiknya memberitahukan kondisi andasaat itu kepada Ranger ! biasanya ada perhatian khususyang diberikan kepada anda oleh sang ranger.




6. Hidari Berkunjung Saat Musim Hujan 

Bagi Traveller yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Pulau Komodo ada baiknya untuk tidak berkunjung saat musim hujan. Sebenarnya hal ini lebih kepada kenyamanan anda saat trekking. Sebab rute trekking yang dilintasi akan basah dan becek sehingga anda kurang nyaman saat berwisata ke Pulau Komodo.

Selain itu saat mendaki akan terasa lebih sulit dan perlu extra hati-hati karena jalanan basah dan licin, yang dapat membuat anda terjatuh atau terperosok.

Jikapun anda harus berkunjung saat musim hujan, ada baiknya anda lebih waspada pada saat trekiing.




Pulau Padar


 

Kawasan pulau Padar mulai naik daun dan menjadi destinasi utama di Taman nasional komodo. Wajar aja sih, pemandangan di pulau Padar memang indah banget!


Untuk menikmati keindahan pulau ini secara penuh, anda harus naik ke bukit terlebih dulu. Waktu tempuh kurang lebih 30 menit – 1 jam, tergantung kekuatan tubuh.

Pulau ini memiliki kontur berbukit dan bentuk yang eksotis banget. Terdapat tiga pantai yang unik yang bisa anda lihat di Pulau Padar :  pantai tempat perahu melepas jangkar, pantai dengan pasir kehitaman, dan pantai dengan pasir sedikit pink seperti pantai pink di pulau komodo. Semua pantai ini bisa dilihat lepas dari atas bukit.
 




Harga Tiket Masuk Pulau Komodo Tahun 2019

Harga tiket masuk Pulau Komodo 2019, USD 500 kepada turis asing dan USD 100 untuk wisatawan domestik atau   sebesar Rp 1.400.000,00 untuk wisatawan lokal dan Rp 7.200.000,00 untuk wisatawan asing. Harga tersebut cukup fantastis bukan?



UPDATE HARGA TIKET MASUK TAMAN NASIONAL KOMODO 


Berdasarkan berita yang dimuat di Detik.com 

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Menurut Luhut, Pulau Komodo akan dikelola jadi wisata eksklusif.

Luhut menjelaskan, dengan konsep eksklusif nantinya harga tiket masuk ke Pulau Komodo seharga Rp 14 juta per orang dalam bentuk membership tahunan yang bersifat premium. Sehingga hanya orang-orang khusus saja yang bisa berkunjung ke sana.

Untuk membership premium akan diarahkan ke Pulau Komodo langsung di mana komodo-komodo besar ada di sana. Sedangkan yang tidak memiliki kartu premium akan diarahkan ke lokasi lain yang ada hewan Komodo juga.


Terakhir, Luhut mengatakan alasan Pulau Komodo dibuat eksklusif, menurutnya Komodo merupakan warisan dunia yang nilainya tinggi. Untuk itu bagi yang mau berkunjung, kenapa tidak dibebani biaya mahal karena yang dilihatnya adalah sesuatu yang luar biasa.

"Jadi rupanya kita punya 5 world heritage yang tertinggi, salah satunya itu Komodo. Orang-orang yang mau datang mau lihat sesuatu yang luar biasa dia harus mau bayar mahal, untuk memelihara lingkungannya," kata Luhut.


Itu tadi 6 point tips dan paduan bagi anda yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Komodo baik di Pulau Komodo ataupun Pulau Rinca. 

Bagikan artikel ini kepada teman atau kerabat anda yang akan mengunjungi Pulau Komodo.


Selamat Berlibur !!!


 













Taman Nasional Komodo - Harga tiket masuk Pulau Komodo 2019 Taman Nasional Komodo - Harga tiket masuk Pulau Komodo 2019 Reviewed by sandro on Sunday, September 29, 2019 Rating: 5

No comments

Terima kasih sudah berkomentar.
Thank you for your comment.

Video

Raja Ampat-Indonesia