Telaga Warna Dieng di Obyek Wisata Dieng Plateau




Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dieng memiliki Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000 m di atas permukaan laut.

Ketika pengunjung pertama kali masuk ke kawasan Wisata Dieng, yang pertama anda lihat adalah Telaga Warna Dieng.
Sebuah hal yang unik dari telaga warna dieng adalah terdapat 3 telaga yang masing-masing memiliki warna dan karakteristik yang berbeda. Menurut penelitian para ahli perbedaan warna tersebut adalah pengaruh dari sulfur dan belerang yang berada di dasar telaga warna dieng.


Lokasi & rute ke Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng berada di sebelah barat komplek wisata dieng . Berada di ketinggian 2000 mdpl, membuat perjalanan menuju ke obyek wisata dieng sangat menarik. Bahkan sepanjang perjalanan anda akan melihat deretan perkebunan teh yang sangat luas.

Telaga warna dieng masih berada dalam lokasi obyek wisata dieng plateau. Secara administratif kawasan wisata dieng masuk dalam wilayah  Desa Dieng Wetan, Kec Kejajar, Kab Wonosobo, provinsi  Jawa Tengah. Rute menuju ke telaga warna dieng pun sangat mudah ditemukan.

Ketika pertama anda memasuki wilayah obyek wisata dieng, anda akan menemukan petigaan dengan sebuah tugu ucapan selamat datang di obyek wisata dieng. Dari pertigaan tersebut anda harus berbelok ke kiri sekitar 800 meter. Nanti anda akan sampai di obyek wisata telaga warna dieng.


Legenda Telaga Warna Dieng

Menurut cerita yang beredar di masyarakat dieng konon pada zaman dahulu ada telaga warna dieng adalah telaga dengan warna yang biasa seperti telaga pada umumnya. Hingga pada suatu hari ada rombongan bangsawan yang kaya raya berjalan-jalan di telaga tersebut.

Tanpa tidak disengaja salah satu perhiasan milik bagsawan yaitu sebuh cincin terjatuh ke salah satu telaga, Sehingga lama kelamaan warna air di telaga tersebut berubah warna. Mulai saat itu telaga tersebut oleh masyarakat sekitar diberi nama telaga warna.



Selain mitos, Telaga warna dieng adalah tempat yang disakralkan oleh masyarakat sekitar dan penganut agama hindu. Ketika para pengunjung mencoba mengelilingi telaga warna dengan jalan kaki, maka akan menemukan 4 gua yaitu Gua Semar, Gua Pengantin, Gua Jaran dan Gua Sumur.

Salah satu goa yang paling sering diadakan ritual adalah di Gua Semar, terutama oleh umat hindu. Di dalam Gua Semar terdapat aliran air yang jika di kecap rasanya seperti air biasa, secara logika kalau di sekitar telaga adalah air yang bercampur dengan belerang dan sulfur. Umat hindu sering mengambil air di Gua Semar untuk ucapara ritual mabakti.


HTM Telaga Warna Dieng (dari berbagai sumber) :

Indonesian : IDR 12.500
Foreign : IDR 100.000 


Telaga Warna Dieng Maps


Telaga Warna Dieng di Obyek Wisata Dieng Plateau Telaga Warna Dieng di Obyek Wisata Dieng Plateau Reviewed by sandro on Sunday, September 08, 2019 Rating: 5

No comments

Terima kasih sudah berkomentar.
Thank you for your comment.

Video

Raja Ampat-Indonesia