Pantai Pintu Kota - Surga Tersembunyi di Latuhalat, Ambon


Pantai Pintu Kota - Surga Tersembunyi di Latuhalat, Ambon



Ambon atau Maluku juga merupakan pulau yang memiliki pantai yang indah dan salah satunya adalah Pantai Pintu Kota yang merupakan salah satu tujuan destinasi wisata yang harus anda kunjungi saat berlibur maupun traveling ke Maluku. Pantai Pintu Kota terletak sekitar 20 km dari Kota Ambon. Wisata pantai pintu kota yang terletak di desa Latuhalat ini terkenal karena terdapat sebuah tebing yang karena terkikis oleh deburan ombak selama bertahun-tahun sehingga menyebabkan tebing berlubang dan membentuk seperti lorong.

Pantai pintu kota ini juga memiliki ciri khas sekaligus keindahan yang tentunya tidak bisa ditemui di pantai lainnya, yang menjadikan daya tarik para traveler untuk bisa mengunjungi Pantai Pintu Kota. Perpaduan warna tebing yang berwarna coklat kemerahan dan kemudian dihantam gelombang ombak menghasilkan pecahan air yang indah. Juga terdapat lubang besar yang menerobos tebing karang sampai tembus di kedua sisinya.


Di suatu bagian karang yang memiliki lubang tersebut apabila kita berdiri di pinggir pantai, maka kita dapat melihat laut Banda secara langsung melalui lubang tersebut. Pantai Pintu Kota sendiri berbentuk teluk yang merupakan jenis pantai berkarang dan berbatu. Lubang yang terdapat pada tebing berdiameter cukup luas sehingga muat untuk dilewati 2 buah truk.

Dengan dinding tebing yang terdiri dari batuan karang yang cukup tajam dan berwarna coklat gelap, maka terlihat sangat kontras dengan laut dan langit, menambah keindahan tebing yang eksotis ini. Bagian bibir pantai yang berpasir hanya sedikit saja. Untuk Tempat berpijak di sekitar pantai ini di dominasi oleh bebatuan yang cukup tajam, jadi kita harus hati-hati saat melangkahkan kaki diantara bebatuan.



Dari tempat parkir menuju lokasi pantai kita harus menuruni tangga yang agak curam dan sempit, yang kalau basah harus berhati-hati supaya tidak tergelincir. Meskipun cukup melelahkan, namun rasanya sepadan dengan keindahan yang didapat. Di lokasi pantai terdapat pondokan-pondokan untuk tempat berteduh dan beristirahat dengan rimbunnya pepohonan yang cukup besar.


Obyek Wisata di Pantai Pintu Kota

1. Gerbang atau Pintu

Bentuk lahan berupa tebing yang menjorok ke arah laut membuat tebing tersebut tergerus dan berlubang, lubang tersebut menyerupai gerbang-gerbang selamat datang yang ada di pintu masuk kota. Batu tersebut menjadi ikon khas yang mencirikan pantai dan kota tersebut. Laut Banda yang sangat luas dapat dilihat melalui celah tersebut menambah keindahan yang menyejukkan mata.

2. Landscape Batu Karang dan Debaran Ombak

Tebing yang menjorok ke arah laut berwarna coklat kekuningan sangat kontras dengan warna air laut yang hijau kebiruan menambah keeksotisan pemandangan. Ombak-ombak yang menabrak tebing membentuk debaran yang indah karena ada ombak yang lolos dan ada yang terhalang oleh tebing. Debaran tersebut menambah kesegaran suasana pantai.

3. Snorkeling dan Diving

Selain landscape yang indah, pantai ini juga memiliki keindahan di bawah lautnya. Jenis pantai yang berbatu ini memiliki ekosistem terumbu yang indah, anda dapat melakukan snorkeling untuk sekedar melihat terumbu dan ikan-ikan kecil yang hidup disana. Anda juga dapat melakukan diving untuk menikmati ekosistem di sekitar batu batuan tersebut.





Pantai Pintu Kota - Surga Tersembunyi di Latuhalat, Ambon

 

4. Keliling Pantai dengan Speedboat

Pantai Pintu Kota ini melarang para wisatawannya untuk berenang di pantai karena ombak yang cukup kencang dan jenis pantai yang berbatu tajam. Jangan khawatir karena anda juga dapat menikmati keindahan pantai dari pinggir atau dapat menyewa speedboat milik nelayan untuk berkeliling melewati gerbang batu ikon pantai tersebut.


5. Pemotretan

Keindahan pantai ini biasanya dimanfaatkan untuk pemotretan. Pemotretan dilakukan untuk prewedding, untuk iklan sebuah produk atau pemotretan untuk para fotografer yang ingin menyingkap setiap lekuk keindahan alam ini. Namun anda harus berhati hati karena batu karang di pantai tersebut memiliki sudut yang tajam.

6. Seafood

Setiap tempat wisata tidak menarik apabila tidak memiliki makanan khas yang menarikperhatian wisatawan. Pantai Pintu Kota ini mempunyai sajian makanan laut yang harus anda coba saat berkunjung kesana. Ikan bakar khas Ambon, sop sehat, papeda, kopi rarobang hingga es kacang merah durian dapat anda dapatkan di resto terdekat untuk mengisi perut kosong anda.

7. Sunset

Pantai Pintu Kota memiliki lokasi yang sangat strategis untuk menikmati view di senja hari. Sunset yang terlihat dari pantai dapat terlihat jelas dari pantai ini. Di sekitar pantai terdapat homestay yang dapat anda sewa untuk beristirahat selagi menikmati senja. Pantai Pintu Kota memiliki jam operasi dari jam 06.00 WIT hingga jam 20.00 WIT.



Harga Tiket Masuk di Pantai Pintu Kota

Pantai Pintu Kota adalah pantai yang memiliki daya tarik untuk para pecinta hiking, meskipun pantai tersebut memiliki objek yang menjadi ikon kota namun harga yang dipatok untuk retribusi masih terjangkau, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 4.000 rupiah untuk memasuki kawasan pantai ditambah dengan biaya parkir sebesar Rp 1.000 rupiah untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

 
Pantai Pintu Kota - Surga Tersembunyi di Latuhalat, Ambon

Rute Menuju Lokasi Pantai Pintu Kota


Pantai Pintu Kota berlokasi di Pulau Ambon, tepatnya berada di Kecamatan Nusaniwe. Untuk menuju ke pantai ini dapat di jangkau dengan beberapa rute, rute pertama dapat diambil dari Pusat Kota Ambon, dari Kota Ambon anda harus menempuh jarak sejauh 45 km dengan berkendara menggunakan mobil, motor ataupun angkutan umum ke Desa Airlouw. Jika anda ingin menggunakan Kendaraan umum yang menuju ke Desa Airlouw anda harus memperhatikan kendaraan tersebut memiliki ciri berwarna merah dengan tulisan Airlouw diatas kendaraan tersebut. Tarif yang berlaku juga cukup murah, hanya Rp 3.000 rupiah untuk setiap orang yang naik angkot tersebut.

Rute yang harus ditempuh oleh para pemburu pantai ada dua, yaitu jalan beraspal dan jalan berbatu. Jalan beraspal dapat ditemui hingga batas desa saja, selanjutnya jalan berbatu harus ditempuh dengan berjalan kaki. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang berbatu dengan sedikit pasir pada pantainya. Perjalanan tersebut harus melewati slope yang curam. Jalan yang dilalui licin dan terjal sehingga untuk menghindari kecelakaan saat berjalan, anda harus mengenakan alas kaki yang mendukung.



Demikian sedikit ulasan mengenai Pantai Pintu Kota yang berada di pusat Kota Ambon dengan ciri khas batu terkikis membentuk gerbang yang dapat anda nikmati keindahannya tanpa merogoh banyak uang di kantong. Jika anda berkunjung ke Kota Ambon, anda harus menyempatkan diri untuk berkunjung walau hanya untuk menikmati tenggelamnya matahari. Selesai dari pantai ini anda dapat menyantap berbagai makanan khas di resto sekitar pantai.


Pantai Pintu Kota - Surga Tersembunyi di Latuhalat, Ambon Pantai Pintu Kota - Surga Tersembunyi di Latuhalat, Ambon Reviewed by sandro on Tuesday, October 01, 2019 Rating: 5

No comments

Terima kasih sudah berkomentar.
Thank you for your comment.

Video

Raja Ampat-Indonesia