Pantai Bajul Mati - Rute Menuju lokasi dan Harga Tiket masuk

Pantai Bajul Mati - Rute Menuju lokasi dan Harga Tiket masuk


Malang memiliki berbagai macam objek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah wisata Pantai. Dengan garis Pantai yang sangat panjang, Malang memiliki banyak Pantai indah. Beberapa ada yang sudah terkenal dan beberapa ada yang baru naik daun.

Seperti Pantai Bajul mati yang baru terekspos ini. Pantai ini sebenarnya telah ditemukan sejak abad ke-19, namun baru terkenal baru-baru ini. Konon ketika pertama kali ditemukan, ada Buaya Mati di pantai ini. Ini yang membuat pantai ini dinamakan Bajul Mati. Namanya mungkin terdengar angker, namun pemandangan di pantai ini sangatlah indah.


Pantai Bajul Mati memiliki pasir yang putih, bersih dari sampah, dan dikelilingi oleh karang. Keasrian pantai ini terjaga karena memang sangat sepi pengunjung. Kalau kamu tertarik dengan pantai yang satu ini, yuk simak ulasannya di bawah ini.





Alamat: Jalan Lintas Selatan Rt/Rw 42/05 Gajahrejo, Umbulrejo, Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur 65178, Indonesia


Harga Tiket Masuk Pantai Bajul Mati

Kamu cukup membayar sekitar Rp.4000 untuk bisa masuk ke kawasan pantai ini. Dengan tiket masuk yang relatif murah ini kamu sudah bisa menikmati keindahan alam yang ada di pantai Bajul Mati. Lalu apa saja fasilitas yang tersedia di pantai ini? Karena hanya terdapat sedikit warung, para pengunjung disarankan untuk membawa bekal sendiri. Di pantai ini sudah tersedia toilet, kamar mandi, dan juga lahan parkir. Untuk jasa parkir, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp.3000.


Lokasi & Rute Pantai Bajul Mati Malang

Pantai Bajul Mati terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Kira-kira jarak perjalanan yang akan ditempuh dari Kota Malang ke Pantai ini adalah sekitar 61 kilometer dan bisa ditempuh dalam 3 jam perjalanan. Rute ke Pantai Bajul Mati relatif mudah diakses. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda 2 maupun 4 jika ingin pergi ke Pantai.

Pantai Bajul Mati - Pantai Bajul Mati - Menikmati Ganasnya Ombak Pantai Bajul Mati


Jalannya pun sudah beraspal dan cukup mulus walaupun ada beberapa ruas jalan yang berlobang. Dari Kota Malang, ambillah jalan ke arah Turen lalu ke Sumbermanjing Wetan. Dari Sumbermanjing Wetan ambil jalan lurus ke arah Pantai Sendang Biru. Setelah itu, kamu akan sampai di daerah Gajah Rejo tempat Pantai Bajul Mati berada.

Di desa ini akan ada sebuah pertigaan yang memiliki plang petunjuk arah ke Pantai. Di perjalanan kamu akan melihat sebuah jembatan artistik yang berbentuk seekor buaya. Jembatan ini melintasi sebuah sungai dan memiliki panjang sekitar 90 meter dengan bentuk setengah lingkaran.

Sembari melintasi jembatan, mata akan dimanjakan oleh pemandangan bukit karang dan laut. Pemandangan yang indah di jalanan yang berliku-liku di sepanjang perjalanan, rasa penat akan hilang seketika. Selain itu, pengalaman mengasyikkan selama perjalanan akan semakin terasa jika kamu menggunakan sepeda motor.

Dengan mengikuti jalan besar yang ada, kamu akan sampai di Pantai Bajul Mati nantinya karena lokasinya tidak jauh dari jalan raya.

BACA JUGA : Pantai Goa Cina - Rute dan Harga Tiket masuk ke Pantai Eksotis di Malang Selatan



Objek wisata yang ada di pantai Bajul Mati
 
Ketika mengunjungi Pantai Bajul mati, kamu akan menemukan berbagai keseruan yang beberapa di antaranya adalah:

1. Jembatan Bajul Mati

Sebenarnya jembatan ini berada sebelum kamu sampai di lokasi Pantai. Karena bentuknya yang artistik, dan background panorama perbukitan yang indah, banyak pengunjung yang memanfaatkan jembatan ini sebagai tempat selfie. Jembatan ini juga digunakan sebagai patokan kalau kamu sudah memasuki kawasan Pantai Bajul Mati.

2. Muara Sungai yang Indah

Terletak di pesisir Selatan Jawa, Pantai ini juga memiliki ombak yang tinggi dengan angin yang kencang. Jadi, sangat tidak disarankan untuk berenang. Kalau ingin bermain air di tempat yang lebih tenang, kamu bisa pergi ke muara sungai yang menjadi tempat kebanyakan wisatawan bermain air. Pertemuan air sungai yang berwarna hijau dengan air laut yang berwarna biru membuat muara sungai ini memiliki fenomena warna alami yang menarik.

3. Mempelajari Legenda Bajul Mati

Di Pantai ini terdapat tiga legenda yang menarik tentang asal usul namanya. Yang pertama adalah ditemukannya buaya bajul yang mati di muara sungai ketika masyarakat menemukan Pantai ini. Yang kedua adalah adanya karang yang berbentuk buaya. Sedangkan yang ketiga adalah legenda pertarungan Nyi Roro Kidul melawan dua buaya putih yang menyebabkan buaya tersebut mati. Walaupun keduanya adalah legenda yang belum bisa dipastikan kebenarannya, tetap saja kalau legenda tersebut memberikan ciri khas kepada Pantai ini.





Pantai Bajul Mati - Rute dan Harga Tiket masuk


4. Karang yang berbentuk Buaya

Selain memiliki cerita asal-usul yang khas dekat dengan buaya, di Pantai ini juga terdapat sebuah karang yang memanjang seperti buaya. Ketika malam hari, karang ini kerap terlihat seperti buaya raksasa. Karang yang menyerupai buaya ini sering dikaitkan dengan buaya putih yang mati melawan Nyi Roro Kidul tersebut.

5. Tempat yang luas Cocok untuk Berkemah

Memiliki garis Pantai yang panjang, di Pantai ini tersedia lahan untuk berbagai berkemah jika kamu ingin berlama-lama di Pantai ini. Menikmati pemandangan Pantai yang indah dan sepi sambil bersantai di tenda atau laybag akan membuat liburan kamu terasa sangat menyenangkan.
Pantai Bajul Mati - Rute Menuju lokasi dan Harga Tiket masuk Pantai Bajul Mati - Rute Menuju lokasi dan Harga Tiket masuk Reviewed by sandro on Thursday, November 07, 2019 Rating: 5

No comments

Terima kasih sudah berkomentar.
Thank you for your comment.

Video

Raja Ampat-Indonesia