Pantai Pandawa Bali - Sejarah, Lokasi dan Tiket Masuk


Pantai Pandawa Bali - Sejarah, Lokasi dan Tiket Masuk



Pantai Pandawa Bali merupakan sebuah pantai yang menawarkan sejuta keindahan dengan suasana yang cukup tenang. Julukan lain pantai Pandawa adalah “Pantai Kutuh”. Meskipun pantai ini tidak seramai pantai Kuta, namun pengunjung yang berwisata ke pantai ini cukup banyak dan termasuk salah satu pantai terpopuler di Bali.


Pantai Pandawa Bali : Menyaksikan Cantiknya Sunrise dan Berpijat


Seiring berjalan nya waktu pantai ini lambat laun berkembang layaknya pantai pantai yang sudah berumur seperti pantai kuta dan Sanur. Karena pantai ini memiliki spot yang bagus untuk menyaksikan Sunrise cantik yang terbit dari arah timur. Di Pantai Pandawa ini juga terdapat tempat untuk budidaya rumput laut. Budidaya ini dilakukan oleh sejumlah nelayan yang notabene merupakan warga setempat.


Sebelum bernama Pandawa, Pantai ini lebih dulu dikenal dengan nama “Secret Beach”, yaitu pantai yang belum banyak diketahui banyak orang. Ketidaktahuan wisatawan yang berkunjung ke Bali akan keberadaan pantai ini dikarenakan letaknya yang sedikit terisolasi dari pusat keramaian, tepatnya berada di balik tebing tinggi, atau yang dikenal dengan tebing kapur.


Di Pantai ini di sediakan beberapa bangku yang dilengkapi dengan payung yang dapat digunakan wisatawan untuk bersantai sambil menikmati panorama pantai Pandawa. Ketika bersantai di bangku bangku ini, terkadang ada beberapa orang yang mendatangi untuk menawarkan pijat. Banyak para turis yang menyukai pijat ini, karena selain nyaman juga dapat membuat badan kembali bugar.


Tidak jauh dari lokasi pantai juga terdapat penjual makanan seafood. Setelah wisatawan lelah bermain main di pantai, banyak dari mereka yang memilih untuk singgah di resto ini untuk menikmati berbagai macam sajian Seafood.


Selain sebagai tempat wisata di bali, pantai ini juga dijadikan sebagai tempat upacara Malesti. Malesti merupakan sebuah upacara keagamaan bagi umat Hindu dalam memperingati hari raya Nyepi yang bertujuan untuk menyucikan diri.


Asal usul nama Pantai Pandawa dilatar-belakangi dengan adanya 5 buah patung Pandawa. Patung Pandawa dalam ajaran agama Hindu terdiri dari Arjuna, Bima, Yudistira, Nakula, dan Sadewa.


Sejarah Pantai Pandawa Bali

 
Pantai Pandawa Bali - Sejarah, Lokasi dan Tiket Masuk

Asal usul Pantai Pandawa berasal dari Epos Mahabharata, dikisahkan bahwa kehidupan Sang Panca Pandawa yang dikurung di dalam Goa Gala-gala. Sampai suatu ketika keluarga pandawa berusaha meloloskan diri dengan membuat terowongan yang bisa digunakan untuk melarikan diri.

Setelah berhasil dari kurungan di Goa Gala-gala, Para Pandawa yang terdiri dari Arjuna, Bima, Yudhistira, dan, Nakula, dan Sadewa membuka sebuah kawasan hutan angker yang kemudian di klaim sebagai daerah kekuasaanya.

Atas kerja keras dari Pandawa dan para pengikutnya, Panca Pandawa bisa membuat sebuah kejaraan yang diberi nama dengan Amertha yang kemudian dipilihlah satu raja yaitu Raja Yudhistira.

BACA JUGA : Pantai Lovina - Wisata Lumba-Lumba di Bali Utara 

Pada tanggal 27/20/2012. Pantai ini diresmikan menjadi Pantai Pandawa, yang sebelumnya masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Pantai Melasti.

Pada tanggal yang bersamaa, di pantai tersebut juga sedang diadakan acara Pandawa Beach Festival yang perdana.

Pantai yang awalnya disebuat sebagai Pantai Melasti (secret beach) ini berubah nama menjadi Pantai Pandawa karena adanya kemiripan cerita yang ditulis dalam epos Maha Barata dengan kisah nyata kehidupan masyarakat Desa Kutuh.

Dengan adanya kesamaan cerita tersebut, masyarakat Desa Kutuh sepakat merubah nama pantai tersebut menjadi Pantai Pandawa supaya cerita keduanya bisa dikenang sepanjang masa.

Biaya dan Tiket Masuk Pantai Pandawa, Bali

Pantai Pandawa Bali - Sejarah, Lokasi dan Tiket Masuk

 


Ketika anda berencana untuk berkunjung ke pantai ini, ada beberapa biaya yang harus dipersiapkan. Adapun estimasi biaya yang akan dikeluarkan ketika berkunjung ke pantai ini antara lain;

  • Tiket Masuk Wisatawan Domestik: Rp. 4.000
  • Tiket Masuk Wisatawan Asing: Rp.10.000
  • Parkir Roda Dua: Rp.1.000
  • Parkir Mobil: Rp.5.000
  • Parkir Bis: Rp.10.000
  • Sewa Perahu Duyung: Rp.15.000
  • Menyewa Baju Pelampung: Rp.10.000
Ketika mengunjungi wisata ini usahakan untuk membawa uang saku lebih, karena di pantai ini ada banyak sekali pusat penjualan souvenir sebagai oleh oleh untuk keluarga anda dirumah.

Lokasi Pantai Pandawa

Lokasi Pantai Pandawa terletak di Jl. Pantai Pandawa, Nusa Dua, Kutuh, South Kuta, Badung Regency, Bali 80361, Indonesia.

Kalau kamu cari di google, kamu bisa cari lokasi pantai ini pada titik koordinat ( -8.845296, 115.186397 ), kamu akan langsung menemukanya.


Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kec. Kutu Selatan, Badung, Provinsi Bali. Jarak pantai Pandawa dari bandara Internasional Ngurah Rai kurang lebih 18 km. 

Kondisi jalan yang harus dilewati untuk sampai di pantai ini berliku dan naik turun, karena daerah ini termasuk daerah perbukitan yang memiliki permukaan gelologi naik turun.
Pantai Pandawa Bali - Sejarah, Lokasi dan Tiket Masuk Pantai Pandawa Bali - Sejarah, Lokasi dan Tiket Masuk Reviewed by sandro on Friday, November 01, 2019 Rating: 5

No comments

Terima kasih sudah berkomentar.
Thank you for your comment.

Video

Raja Ampat-Indonesia