Pantai Sendang Biru, Malang - Harga Tiket dan Rute Menuju Lokasi


Pantai Sendang Biru - Harga Tiket dan Rute Menuju Lokasi



Malang Selatan dikenal di benak wisatawan sebagai destinasi wisata pantai nya yang banyak dan indah. Ada lebih dari belasan pantai yang ada di Malang Selatan, salah satunya yaitu Pantai Sendang Biru. Lokasi pantai ini terletak di Kabupaten Malang, tepat nya di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.
Selain sebagai tempat wisata, Pantai Sendang Biru juga merupakan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Artinya, mayoritas mata pencaharian masyarakat setempat adalah sebagai nelayan. Hal ini bisa dilihat dari lusinan perahu yang berjejer menepi di sepanjang pantai.
Para nelayan selalu menjual kembali hasil tangkapan dari laut ke TPI Sendang Biru. Jadi sambil jalan – jalan wisatawan juga bisa membeli langsung ke di tempat ini dengan harga yang lebih murah daripada harga di pasaran.
Ada berbagai macam jenis hasil tangkapan nelayan dari laut,  mulai dari ikan tongkol, tenggiri cucut, kerapu, kakap merah, kakap putih, bawal, teripang, teri, lemurung, layang, kembung, tuna, cumi – cumi , lobster, kerang dan masih banyak lagi. Bahkan sebagian hasil tangkapan ikan di Pantai Sendang Biru juga ada yang diekspor ke luar negeri.

Selain untuk mencari ikan, perahu – perahu tersebut juga disewakan untuk wisatawan berkeliling di sekitar pantai dan juga diperuntukkan bagi wisatawan yang ingin menyeberang ke Pulau Sempu. Harga sewa nya pun relati murah. Untuk perahu mesin harga sewa nya sekitar Rp 100.000 – Rp 150.000. Sedangkan untuk perahu dayung harga sewa nya berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 70.000.





BACA JUGA :
Petunjuk ke Pantai 3 Warna Malang


Jika wisatawan datang ke pantai ini pada bulan September maka akan disuguhkan sebuah pesta adat, yaitu Pesta Petik Laut. Pesta ini berlangsung selama kurang lebih satu minggu yang dimulai dengan hiburan wayang, orkes dangdut, dll. Yang istimewa dari pesta ini yakni hampir seluruh warga sekitar turut serta dalam membuat tumpeng besar yang di dalamnya ada hasil laut dan dimasak secara gotong – royong. Setelah jadi, tumpeng tersebut di taruh diatas kapal kecil dan diarak ke tengah laut lalu dihanyutkan sebagai symbol rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan YME.


Pantai Sendang Biru - Harga Tiket dan Rute Menuju Lokasi

Lokasi & Rute Pantai Sendang Biru

Dari kota Malang, perjalan menuju lokasi Pantai Sendang Biru memakan waktu sekitar 2 – 3 jam dengan jarak tempuh 65 km. Untuk akses ke pantai ini harus menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak ada angkutan umum yang langsung menuju Pantai Sendang Biru.
Pertama – tama, untuk menuju ke Pantai Sendang Biru harus berangkat menuju Gadang. Sesampainya di Gadang lurus saja terus lalu kemudian belok lah ke kiri. Nanti akan ketemu dengan sebuah Pabrik Gula Krebet. Setelah itu tak perlu khawatir tersesat, karena ada papan petunjuk jalan menuju Pantai Sendang Biru. Setelah mengikuti papan petunjuk tersebut setelah itu akan melewati Pabrik Pindad lalu belok lah ke kiri dengan jalan yang cukup menikung. Setelah keluar dari jalan menikung setelah itu akan mulai masuk daerah pedesaan. Nah, dari situ perjalanan tinggal 15 Km lagi menuju Pantai Sendang Biru
Sebelum berangkat menuju lokasi, sebaiknya persiapkan kondisi tubuh yang prima. Sebab sepanjang perjalanan pulang pergi akan banyak jalan berkelok – kelok dan naik turun. Namun, perjalanan tidak akan terasa sangat melelahkan karena pemandangan di sepanjang jalannya sangat lah natural akan pemandangan hijau pepohonan dan hutan yang rindang. Jika biasanya angina pantai membawa udara panas, berbeda hal nya dengan pantai Malang Selatan dimana udara yang dihasilkan masih termasuk sejuk.


Tiket Masuk Sendang Biru Malang

Sesampainya di pintu Masuk Pantai Sendang Biru, wisatawan hanya perlu membayar tiket retribusi sebesar Rp 5.000 saja per orang. Harga yang sangat murah untuk berlibur menikmati semua keindahan alam yang ada disini.

Pantai Sendang Biru, Malang - Harga Tiket dan Rute Menuju Lokasi Pantai Sendang Biru, Malang - Harga Tiket dan Rute Menuju Lokasi Reviewed by sandro on Tuesday, November 05, 2019 Rating: 5

No comments

Terima kasih sudah berkomentar.
Thank you for your comment.

Video

Raja Ampat-Indonesia